Sun. Mar 29th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Tau Lebih Banyak Cara Kerja Telinga Sebagai Indra Pendengaran

2 min read

pixabay.com

Indra satu ini sering terlupakan padahal fungsinya sama pentingnya dengan indra lain. Pernahkah kamu berfikir sewaktu mendengarkan suatu suara atau musik yang menyenangkan, bagaimana cara kerja indra satu ini sampai membuat kita menyadari ada bentuk suara sampai terdengar. Setiap indra memiliki keajaibannya masing-masing, begitupun dengan pendengaran. Nah sekarang mari kita mempelajari lebih lanjut cara kerjanya dan bagaimana merawatnya agar tetap bisa memberikan keajaiban-keajaiban suara indah yang bisa kita dengarkan. Bentuk telinga yang paling Nampak saat kita berkaca di cermin adalah aurikel pinna atau yang sering disebut dengan daun telinga. Walaupun terlihat hanya Nampak biasa saja, daun telinga memiliki fungsi yang vital bagi indra pendengaran.

Daun telinga berfungsi untuk mengumpulkan gelombang suara dan menyalurkannya melalui saluran telinga sehingga berujung di bagian gendang telinga kita. Saat disalurkan ke gendang telinga gelombang suara ini akan menggetarkan gendang telinga da tiga tulang pada telinga di bagian tengahnya. Setelah sampai pada gendang telinga  gelombang suara tersebut akan dihantarkan lagi menuju teliga bagian dalam seperti kantong cairan berbalut tulang. Untuk membuat suara sampai di otak getaran harus melewati cairan di koklea yang bentuknya seperti rumah siput dan berisi sel-sel rambut, sel-sel rambut inilah yang nantinya akan menghantarkan suara ke otak sehingga membentuk sebuah rangsangan saraf yang bisa dibaca oleh otak kita.

Inilah yang meyebabkan kita mengetahui apakah suara tersebut adalah suara yang kita kenal atau suara yang asing dan tidak usah dihiraukan. Walaupun kita mempunyai dua telinga terkadang kita tidak selalu mendengarkan menggunakan keduanya. Indra pendengaran sering kali tidak diperhatikan kebersihannya karena tempatnya yang lebiih terpencil dan tidak terlihat secara visual, padahal semua indra yang ada pada kita sama pentingnya. Cara terbaik untuk menjaga kepekaan telinga kita adalah dengan tidak membiasakan mendengarkan musik secara keras-keras. Kebiasaan yang sering dianggap remeh banyak orang ini bisa saja membuat telinga kita rusak dan tidak berfungsi seoptimal  sebelumnya, jangan terlalu sering menggunakan headset, lebih baik dengarkan music secara langsung saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.