Sat. Feb 22nd, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Rumus Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari

4 min read

pixabay.com

Fisika merupakan salah satu ilmu dasar yang menjadi cikal bakal perkembangan ilmu lainnya. Berbagai ilmu  banyak yang mengadopsi dari ilmu fisika seperti kimia, biologi, geografi dan berbagai ilmu lainnya. Misalnya saja dalam ilmu kimia, beberapa teorinya harus patuh terhadap patokan patokan fisika misalnya dalam materi molekul zat kimia yang dibentuk maka harus dijelaskan dalam ilmu fisika berupa termodinamika, mekanika kuantum serta elektronika.

Ilmu fisika juga punya kaitan erat dengan ilmu matematika dimana banyak terori fisika yang dituliskan dalam notaris matematika. Namun ilmu matematika yang digunakan pada fisikajuga lebih rumit dan kompleks daripada yang digunakan di ilmu lain.

Fisika dan matematika sebenarnya tak bisa dipisahkan namun ternyata terdapat perbedaan mendasar antara ilmu matematika dengan ilmu fisika. Dimana ilmu fisika mempelajari tentang pembahasan dunia material yang real sedangkan untuk ilmu matematika lebih menjelaskan tentang pola pola abstrak yang tidak harus berhubungan dengan dunia nyata.

Semua rumus yang dihasilkan oleh peneliti fisika tidak serta merta hanya sebagai pembuktian kerja kerasa mereka. Rumus rumus tadi ternyata bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan memberi banyak manfaat bagi manusia.

Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan

pixabay.com

Gerak Lurus Beraturan merupakan sebuah gerakan benda yang memiliki kecepatan yang tetap atau konstan. Sedangkan GLBB atau gerak lurus berubah beraturan merupakan sebuah pergerakan dimana benda mengalami perubahan kecepatan baik dipercepat ataupun diperlambat. Perubahan kecepatan pada GLBB selalu berubah secara teratur.

GLB maupun GLBB biasanya berkaitan erat dalam segala aktivitas manusia. GLB biasanya ditemukan pada pergerakan kapal laut di tengah laut yang bergerak lurus dan kecepatannya konstan. Glb juga bisa ditemukan pada pergerakan planet yang stabil pada porosnya.

Sementara itu untuk glbb dapat dijumpai dalam gerakan jatuh bebas. Pada gerakan jatuh bebas, suatu benda biasanya bergerak dengan kecepatan yang bertambah kencang hal ini dipengaruhi oleh gravitasi bumi.

Benda semakin dekat dengan permukaan bumi maka semakin tinggi kecepatannya. Benda tersebut bergerak dengan percepatan yang teratur. Gerak glbb sangat mudah ditemukan dalam pergerakan benda sehari hari misalnya saja dalam pergerakan kendaraan bermotor yang awalnya diam kemudian kita menarik pedal gas maka lama kelamaan kecepatan mobil akan semakin meningkat secara konstan atau bisa disebut percepatan.

Apabila kita menginjak pedal rem, lama kelamaan kecepatan mobil akan berkurang dan akhirnya akan berhenti. Hal tersebut merupakan salah satu gerak glbb berupa perlambatan.

Untuk gerak glbb memiliki rumus

S= vot + 1/2at^2

Vt=Vo+at

Vt^2 =Vo^2 + 2as

Sedangkan untuk glb hanya dirumuskan

S= v.  t yaitu jarak merupakan kecepatan dikasi waktu.

Gerak Parabola

Gerak Parabola merupakan sebuah gerakan yang diatur dalam fisika berupa gerak benda dengan lintasan berupa parabola yaitu berupa garis lengkungan. Salah satu gerak parabola juga bisa kita amati dalam kehidupan sehari hari misalnya saat kita bermainbulu tangkis atau saat kita menentang sepak bola.

Bola atau kok yang kita kenakan gaya maka akan melambung ke atas depan dan selanjutnya bergerak lurus ke depan hingga akhirnya tertarik oleh gravitasi bumi kebawah. Gerak Parabola juga bisa diterapkan dalam kegiatan menembak sasaran.

Kita harus mempertimbangkan hukum fisika berupa gerak parabola agar tembakan kita tepat mengenai sasaran. Untuk gerak parabola sebenarnya prinsipnya hampir sama dengan gerak glbb namun percepatannya berupa gravitasi.

Gerak vertikal

Gerak vertikal merupakan salah satu gerak parabola khususnya untuk gerakan vertikal keatas. Apabila saat suatu benda bergerak dengan sudut tidak 90 derajat maka benda tersebut bisa dikategorikan sebagai gerak parabola. Gerak vertikal bisa dibedakan menjadi dua yaitu vertikal ke atas dan vertikal kebawah. Gerakan vertikal harus benar benar lurus agar tidak disebut gerak parabola.

Salah satu gerak vertikal yaitu saat peluncuran roket. Maka roket akan bergerak secara tegak lurus ke angkasa. Secara formula maka akan mirip dengan rumus glbb hanya beberapa variabel saja yang berubah.

pixabay.com

Gelombang Elektromagnetik

Berbagai peralatan kita saat ini sangat berkaitan dengan perkembangan ilmu fisika yaitu gelombang elektromagnetik. Berbagai alat komunikasi, informasi dan hiburan banyak yang mengusung konsep ini sempat televisi, handy talky, radio, ponsel, microwave dan masih banyak lagi.

Sementara itu penerapan gelombang elektromagnetik juga ada pada bidang medis yaitu pada sinar Gamma atau Röntgen yang menghasilkan gambar dua dimensi, sedangkan untuk CT Scan akan menghasilkan gambar tiga dimensi.

Selain itu dalam bidang medis juga ada Magnetic Resonance Imaging atau MRI yang juga menggunakan elektromagnetik. Teknologi elektromagnetik memang sangat erat kaitannya dalam bidang kedokteran yang cukup populer adalah pada USG , linear accelerator, hingga yang terbaru yaitu USG 4 Dimensi.

Energi Nuklir

Energi nuklir merupakan salah satu ilmu fisika yang sangat berguna saat ini. Contoh penerapan ilmu nuklir dalam kehidupan sehari hari yaitu pada 3D-CRT untuk pembedahan, PLTN untuk membangkitkan energi, hingga pemuliaan Gandum.

Hukum Newton

Salah satu rumus yang cukup populer adalah rumus newton dengan 3 hukumnya yaitu hukum Newton 1 yang bisa diterapkan saat sedang melakukan pengereman mendadak kita akan teelontar kedepan. Dalam hukum Newton dua bisa diterapkan saat kita sedang berada si lift dimana (F=M.A) sedangkan untuk hukum Newton tiga misalnya saat kita sedang mendorong tembok maka tembok juga akan mendorong kita

Demikian penjelasan dari kami, Untuk mengetahui info lebih lanjut tentang rumus-rumus fisika dalam kehidupan sehari-hari bisa cek di website Pintarnesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.