Wed. May 27th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Tidak Perlu Jago Teknisi Jika Hanya Ingin Root Android

3 min read

Jika Anda ingin sedikit meluangkan waktu untuk mengenal Android lebih dalam, Anda bisa tahu banyak hal. Bahkan, ketika hp Anda rusak, Anda bisa perbaiki sendiri.

Tentu tidak semua hal. Jika kerusakan ada pada hardware, bukan hanya pengetahuan saja yang Anda harus miliki tapi juga alat. Namun, jika kerusakannya terkait dengan software, Anda bisa lakukan sendiri.

Contoh kerusakan yang paling sering terjadi adalah android hang. Solusinya biasanya adalah melakukan root. Ada cara root android yang bisa Anda pelajari.

Kerusakan Pada Android yang Bisa Anda Perbaiki Sendiri

Kuncinya hanya satu. Anda mau belajar. Itu saja. Dan itu menjadi konsekuensi. Ketika Anda sudah menggunakan hp Android, sedikit banyak Anda harus tahu cara memperbaiki dong. Sama seperti ketika Anda punya motor. Anda tidak harus terus menerus membawa motor ke bengkel ketika terjadi kerusakan. Untuk kerusakan kecil, Anda harus bisa mencoba memperbaiki sendiri.

Berikut ini beberapa kerusakan pada Android yang biasa terjadi:

  1. Touch Screen Tidak Berfungsi

Banyak orang yang ketika touch screen hp mereka tidak berfungsi langsung melakukan install ulang. Padahal, belum tentu cara tersebut bisa menyelesaikan masalah.

Cobalah untuk menginstal aplikasi touch screen dari pihak ketiga. Bisa saja touch screen hp yang tidak berfungsi disebabkan latensi layar yang kurang bagus. Tingkatkan dengan menggunakan aplikasi touch screen repair. Ini aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan latensi layar ponsel Android Anda.

  1. Sering Restart Sendiri

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan smartphone tiba-tiba restart sendiri. Namun, yang cukup sering menjadi penyebabnya adalah adanya aplikasi yang mengalami kerusakan.

Untuk itu, coba ingat kembali aplikasi apa yang paling terakhir Anda install sehingga hp Anda sendiri mengalami restart. Bisa saja aplikasi tersebut menjadi sumber masalah. Uninstall aplikasi tersebut.

Di sisi lain, bisa juga aplikasi yang lain juga. Untuk memastikan hal tersebut, coba ingat aplikasi apa yang ketika Anda gunakan sering menyebabkan hp restart sendiri. Jika Anda sudah menemukan aplikasi tersebut, coba uninstall lalu install ulang. Atau jika ada menu upgrading, lakukan upgrading. Karena bisa saja developer aplikasi tersebut menemukan bug sehingga aplikasi tersebut harus diperbaiki dengan cara upgrading.

  1. Mati Total

Ada dua indikator yang menyebabkan hp mati total. Yang pertama, ada kerusakan hardware, misalnya saja kontektor, baterai yang sudah tidak bisa menyimpan power lagi, dan lain sebagainya. Untuk yang satu ini, mau tidak mau Anda harus mengganti komponen yang rusak tersebut.

Yang kedua, bisa juga ada kerusakan pada software. Anda bisa pelajari bagaimana cara flashing atau format ulang hp. Ini sudah bisa mengatasi masalah hp mati total jika penyebabnya adalah kerusakan software.

  1. Sinyal Hp Hilang

Pernah punya pengalaman tiba-tiba sinyal hp hilang? Semoga saja bukan hardware penerima sinyal yang rusak. Coba dulu untuk melakukan pengecekan SIM card. Karena bisa saja SIM Card Anda bermasalah. Seringkali SIM Card yang sudah lama rusak dan butuh diganti. Coba ganti dengan SIM Card yang berbeda. Jika sinyal muncul, itu artinya SIM Card Anda yang rusak.

Bagaimana jika tidak muncul sinyal setelah SIM Card diganti? Coba masuk ke bagian setting lalu jaringan. Pilih jaringan secara otomatis agar hp bisa mendeteksi sinyal yang ada secara otomatis.

  1. RAM Tiba-Tiba Penuh

Mungkin RAM hp Anda sudah besar. Namun, Anda harus tahu. Seiring dengan berjalannya waktu, aplikasi semakin berat. Apalagi aplikasi yang ada di hp Anda terus dilakukan upgrading.

RAM yang tiba-tiba penuh bisa disebabkan karena aplikasi yang terlalu banyak. Coba review lagi aplikasi apa yang tidak sering Anda gunakan. Uninstall aplikasi tersebut.

Masih ada banyak lagi masalah yang sering terjadi pada Android. Luangkan waktu untuk mengenal Android lebih dalam agar setiap ada masalah Anda bisa memperbaiki sendiri.

Tips Merawat Hp Android

Semoga saja Anda tidak perlu melakukan root android. Memang cara root android itu mudah. Namun, root biasanya dijadikan opsi terakhir ketika hp Android Anda rusak parah.

Untuk menghindari hal tersebut, rawatlah hp dengan baik. Pertama, jangan sampai hp Anda kehabisan baterai. Charge sebelum daya baterai habis dan cabun sebelum baterai penuh. Selanjutnya, matikan hp ketika sedang di charge. Selain untuk mempercepat proses charging, ini juga sebagai cara agar hp Anda istirahat sejenak sehingga komponen di dalamnya lebih awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.