Wed. Jul 8th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Resep Martabak Mini Menguntungkan untuk Jualan

3 min read

unsplash.com

Resep martabak mini di bawah ini bisa Anda pelajari jika Anda butuh opsi berjualan yang menguntungkan. Martabak mini memang salah satu makanan kecil yang digandrungi oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Jadi untuk Anda yang sedang berencana untuk memulai usaha kuliner, disarankan untuk mencoba menjual martabak mini. Untuk itu Anda harus belajar bagaimana cara membuat martabak mini dengan benar, agar rasanya lezat dan tidak mengecawakan calon pelanggan Anda. Yuk langsung saja disimak cara dan resepnya di bawah ini.

Resep Martabak Mini Tanpa Mikser

Untuk Anda yang tidak punya mikser, jangan khawatir karena Anda masih bisa berkreasi membuat martabak mini. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan di antaranya adalah 200 gram tepung terigu, 50 gram tepung tapioka, 2 sdm gula pasir, 2 butir telur dan 3 sdm margarin. Jangan lupa juga siapkan 300 ml air, 1 sdt ragi instan, 1 sdm baking powder dan topping sesuai selera.

Jika bahan sudah siap maka langkah pertama adalah mengocok telur yang sudah dicampur dengan gula, garam, dan ragi. Kocok hingga bahan-bahan tersebut tercampur dengan sempurna.

pexels.com

Jika sudah selanjutnya masukkan tepung terigu, tepung tapioka dan air ke dalam adonan telur. Aduk hingga rata dan tercampur seluruhnya, tandanya adalah adonan sudah bertekstur cair yang tepat. Kemudian masukkan mentega yang sudah dipanaskan dan tunggu hingga 15-20 menit. Setelah itu baru Anda tambahkan baking powder dan aduk hingga rata.

Panaskan teflon atau cetakan martabak mini dan masukkan adonan hingga cetakan terisi setengahnya. Tunggu hingga muncul pori-pori kecil di permukaan martabak minik dan tutup teflon atau cetakan. Setelah adonan terlihat kecoklatan berarti martabak mini sudah matang kemudian angkat untuk selanjutnya diberi topping.

Topping bisa sesuai dengan selera Anda, misalnya saja gula pasir, susu kental manis, keju hingga meses. Anda juga bisa mencoba selai untuk rasa yang berbeda. Bahan-bahan di atas tidak harus premium, jadi bisa Anda coba jual untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Resep Membuat Martabak Mini Rainbow

Martabak mini juga memiliki versi rainbow, maksudnya memiliki topping yang beraneka warna yang menambah kelezatannya. Untuk membuat martabak mini rainbow, bahan-bahan yang harus Anda siapkan di antaranya adalah 250 gram tepung terigu, 5 sdm gula pasir, 1 butir telur, dan 3 sdm margarin cair.

Siapkan juga 500 ml susu cair atau (bisa diganti dengan santan atau ragi instan), pewarna makanan (merah, kuning, hijau, dan seterusnya) dan topping favorit. Topping bisa meises, keju, krim dan potongan cokelat.

pexels.com

Jika bahan-bahan sudah siap, maka langkah pertama adalah mencampurkan bahan kering semisal tepung, gula dan ragi instan terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa memasukkan telur dan mentega yang sudah dicairkan di atasnya. Aduk adonan tersebut hingga tercampur seluruhnya sambil memasukkan susu cair secara perlahan. Aduk hingga adonan menjadi kental secara maksimal.

Setelah adonan jadi, bagi menjadi 5 bagian dan beri masing-masing bagian pewarna makanan. Karena namanya martabak mini rainbow maka bisa Anda pilih warnanya sesuai warna pelangi. Jika sudah tuangkan adonan martabak ke teflon atau cetakan dan tunggu hingga muncul pori-pori di permukaannya.

Selanjutnya Anda bisa menutup teflon dan tunggu hingga martabak mini rainbow matang, yang ditandai dengan warnanya yang berubah kecokelatan. Lakukan bergantian hingga adonan adonan yang sudah diwarnai habis lalu taburi dengan topping sesuai selera Anda.

pexels.com

Resep Membuat Martabak Telur Mini

Martabak telur mini adalah martabak telur yang dibungkus dengan kulit martabak yang mini. Setelah Anda membuat kulit martabak ukuran mini, maka selanjutnya Anda bisa membuat isian martabak.

Bahan-bahan untuk isi martabak di antaranya 300 gram daging (sapi, ayam, kambing), 8 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 bawang bombay,  batang daun bawang. Tumis bahan-bahan di atas dan tambahkan bumbu penyedap seperti lada, kari dan garam secukupnya.

Jika kulit dan isi martabak mini telur sudah siap maka proses pembuatan martabak bisa dilakukan. Langkah pertama adalah dengan memanaskan minyak goreng dan masukkan kulit martabak yang sudah dilebarkan. Goreng kulit martabak hingga matang dan tambahkan isian martabak. Lipat kulit martabak hingga isi tidak akan keluar kemudian bisa dibolak-balik hingga martabak telur matang.

Demikianlah ulasan resep martabak mini yang bisa sangat menguntungkan dijadikan usaha kuliner. Untuk mendapatkan info-info menarik mengenai resep dan hal terlengkap lainnya, maka Anda bisa langsung saja mengunjungi site terpercaya tipsberbagi.com ya. Salam sukses selalu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.