Sun. Mar 29th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Mengenal Ular Sapi, Ular Asli Indonesia

1 min read

pexels.com

Ular sapi seperti namanya, banyak ditemukan di ladang pertanian yang dekat dengan manusia. Keberadaannya mengontrol populasi tikus. Selain tikus sawah, ular sapi juga memangsa katak, tupai, kadal, kelelawar dan burung. Ular sapi tergolong ular tidak berbisa yang tidak berbahaya bagi manusia.

Karakteristik Ular Sapi

  1. Habitat

Selain di ladang terbuka, ular sapi juga ditemukan di pedesaan dan perkebunan yang berada pada ketinggian maksimal 1500 mdpl. Merupakan ular yang mudah dijinakkan. Ular sapi banyak diperjual belikan sebagai binatang peliharaan. Daerah persebarannya yaitu Sumatera, Bangka, Kalimantan dan Jawa. Ular sapi umumnya bergerak aktif pada siang hari. Selain itu, ular ini banyak ditemukan di kandang sapi yang banyak tikusnya.

  1. Ciri-ciri

Ular sapi memiliki bentuk tubuh yang gepeng dengan ekor yang pendek. Memiliki warna cokelat muda dengan garis hitam yang melintasi di tubuhnya pada bagian atas. Kemudian, menyambung pada garis utama di tengah tubuhnya. Cara mempertahankan diri ular ini cukup unik. Saat ular ini terasa terancam, maka dia akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sehingga pengganggunya menyangkanya mati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.