Sun. Mar 29th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Memahami Organ Gerak Kadal Sesuai Jenisnya

1 min read

pexels.com

Tahukah Anda mengenai organ gerak kadal? Alat gerak kadal sebenarnya sama meskipun jenisnya berbeda. Misalnya pada jenis kadal tanpa kaki.

Ketika menjumpai jenis tersebut, banyak yang menyebut kadal ini dengan ular kecil. Padahal kenyataannya, itu adalah spesies kadal yang ada di dunia.

Faktanya, jenis tersebut memiliki kaki. Hanya saja, ukuran dan bentuknya yang kecil dan pendek. Dan kaki-kaki inilah yang berfungsi untuk bergerak ke berbagai tempat.

Begitupun dengan jenis kadal lainnya. Alat gerak yang utama bertumpu pada kakinya. Kaki ini bisa digunakan untuk berjalan di darat ataupun bisa digunakan untuk berenang di atas permukaan air.

Kebanyakan spesies kadal ini bisa berlari sangat cepat. Ketika Anda menjumpainya, kadal akan langsung berlari menjauh. Dan dalam hitungan detik, hewan kecil ini akan hilang dari pandangan.

Ketika merasa terancam oleh predator, hewan ini juga bisa memaksimalkan dua hal. Pertama adalah kakinya untuk berlari. Kedua adalah memotong ekornya sendiri. Mirip seperti cicak ataupun tokek.

Kaki-kaki kecil ini mampu menopang tubuhnya yang cukup besar. Jumlahnya empat buah. Letaknya agak jauh dari bagian depan dan belakang. Ketika digunakan, kaki ini bisa menopang tubuh dengan kuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.