Sun. Mar 29th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Lirik Donat Pisang, Yuk!

2 min read

pxhere.com

Ngemil merupakan salah satu kegiatan yang  sangat mengasyikkan. Ngemil juga dapat menjadi kebiasaan bagi seseorang. Biasanya ngemil dilakukan di luar jam makan utama. Objek ngemil tentunya adalah makanan. Makanan tersebut biasanya merupakan makanan yang bukan makanan pokok. Sebagai contoh makanan yang menjadi sasaran ngemil adalah keripik, makaroni, biskuit, hingga donat.

 

Donat memiliki banyak jenis dan rasa topping. Jenis donat yang cukup sering beredar di pasaran dan mudah ditemui adalah donat kentang. Selain donat kentang, ada juga donnat labu kuning dengan labu kuning sebagai pengganti kentang. Apakah hannya itu saja? Tentu tidak. Kreativitas manusia menghasikan jenis – jenis donat lainnya. Salah satu hasil kreativitas tersebut adalah hadirnya donat pisang.

 

Resep donat pisang tidak jauh berbeda dengan resep donat pada umumnya. Donat pisang menggunakan pisang sebagai pengganti posisi kentang pada donat kentang layaknya labu kuning pada donat labu kuning. Lalu, bagaimana cara membuat donat pisang tersebut? Berikut adalah resep sederhana pembuatan donat pisang yang patut dicoba untuk mengisi daftar menu camilan yang baru:

 

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan bahan – bahan yang dibutuhkah. Berikut adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan donat pisang (catatan: kadar bahan tertentu mungkin tidak sesuai, sesuaikan dengan selera masing – masing):

– Pisang ambon sekitar 150 gram

– Tepung terigu 250 gram

– Air biasa 80 ml

– Margarin 1 sendok makan

– Telur 1 butir

– Gula pasir 2 sendok makan

– Fermipan 1 sendok teh

– Garam 1/2 sendok teh atau secukupnya

  1. Setelah semua bahan siap, campurkan gula, air, dan fermipan di suatu wadah terpisah.
  2. Kemudian, haluskan pisang dengan ditambahkan air. Penghalusan dapat dilakukan secara manual atau dengn blender.
  3. Lalu, campurkan pisang yang telah dihaluskan dengan larutan ragi tadi, tepung, terigu, telur, margarin dan garam.
  4. Uleni adonan hingga kalis. Lalu, diamkan adonan selama sekitar 30 menit.
  5. Terakhir, bentuk adonan layaknya donat pada umumnya. Lalu, goreng pada api kecil.Setelah donat jadi, dapat ditambahkan topping sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.