Sun. Mar 29th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Fungsi Konjungsi Subordinatif Dalam Suatu Kalimat

4 min read

pxhere.com

Menulis merupakan salah satu jenis kegiatan yang paling menyenangkan sebab mampu memberikan atau menularkan informasi yang baru sehingga orang lain dapat mengetahuinya dengan baik. Kegiatan dalam tulis menulis menjadi suatu hal yang mudah untuk dilakukan sebab hanya menuliskan apa yang sedang dipikirkan dalam otak. Hal tersebut membuat banyak orang semakin yakin untuk menikmati masa yang paling menyenangkan dengan menulis. Apalagi ketika kegiatan dalam menulis tersebut mampu untuk memberikan banyak hal yang menarilk untuk dinikmati, maka akan banyak sekali hal yang baru untuk diketahui. Syarat  yang perlu diketahui ketika menulis adalah dengan memperhatikan beberapa penggunaan bahasa yang sering digunakan atau diksi. Oleh karena itu, memang penting sekali untuk mencari beragam bahasa yang mudah untuk dipahami. Salah satunya adalah penggunaan bahasa yang lugas serta mampu mewakili isi dalam pikiran seseorang. Pastinya banyak sekali hal yang perlu untuk diketahui ketika sedang menggunakan bahasa yang lugas dan mudah dipahami.

Salah satu struktur yang memang diperlukan dalam suatu kepenulisan adalah adanya kata konjungsi yang dapat digunakan untuk menghubungkan antar kalimat dengan lebih mudah dan lugas. Oleh karena itu sagat disarankan sekali dalam memperhatikan beberapa contoh kalimat yang bisa digunakan dalam proses penulisan sebuah artikel atau sebagainya. Maka dari itu memang penting untuk menggunakan kata konjungsi yang bisa digunakan, salah satu jenis konjungsi yang banyak digunakan adalah konjungsi subordinatif. Konjungsi subordinatif memang menjadi kata hubung yang sering digunakan dalam sebuah kalimat sebab mampu memberikan penjelasan mengenai penghubung antar frasa, klausa atau kalimay yang tidak setara. Banyak sekali kalimat yang menggunakan kata konjungsi tersebut sehingga mampu untuk memberikan banyak sekali hal yang unik dan terstruktur. Oleh karenanya dapat digunakan dengan mudah serta menjadi kata yang perlu untuk digunakan dalam kalimat. Konjungsi ini pasti ada dalam kalimat  yang tidak setara untuk membuat sebuah kalimat lebih mudah dipahami oleh setiap orang.

pxhere.com

Fungsi Konjungsi Subordinatif

Sekarang sudah banyak sekali orang yang memilih untuk menggunakan kata konjungsi tersebut yang memang memberikan banyak sekali hal yang baru. Bahkan ketika menggunakan kata konjungsi harus disesuaikan dengan konteks atau isi dari tulisan tersebut. Maka dari itu ketika menggunakannya harus diselaraskan dengan kalimat yang digunakan agar lebih mudah dipahami. Mengingat jenis konjungsi yang beragam maka perlu sekali untuk mengetahui jenis konjungsi subordinatif yang memiliki fungsi beragam. Sehingga memudahkan setiap orang yang ingin menulis dalam bentuk artikel serta konteks kalimat yang terstruktur. Bahkan ketika menggunakan kalimat tersebut pasti akan memberikan banyak sekali kesan yang menarik sebab memudahkan orang untuk memahamisetiap isi dari kalimat yang disampaikan.

Oleh karena itu, ketika ingin menggunakan kata konjungsi subordinatif yang memang memberikan banyak sekali pengaruhnya untuk bisa digunakan dalam kalimat. Oleh karenanya memang perlu sekali untuk memilikiprinsip dalam pembentukan kalimat agar lebih sistematis. Oleh sebab itu, perlu memperhatikan beragam jenis kata yang bisa disatukan menjadi kalimat yang lugas dan bisa diikmati dengan lebih mudah. Hal tersebut menjadi bagian yang terpenting untuk merangkai sebuah kalimat yang terbaik. Berikut adalah beberapa fungsi dari adanya kata konjungsi subordinatif.

  1. Sebagai peghubung antar frasa, klausa

Salah satu fungsi dari adanya konjungsi ini adalah dapat menghubungkan antar frasa  yang memang memberikan banyak pemahaman ketika menggunakan frasa dalam kalimat. Bahkan ketika menggunakan klausa pun harus menggunakan kata penghubung yang benar dan tepat agar lebih mudah untuk dipahami.

  1. Sebagai penghubung antar kalimat yang tidak setara

Selain itu, juga berfungsi sebagai kata hubung atar kalimat yang tidak setara, kata hubung ini memang menyatukan dua kalimat yang berbeda agar menjadi sejalan artinya dan mudah dipahami.

  1. Sebagai penyambung kalimat yang utuh

Fungsi lainnya adalah dengan menyambungkan kalimat tersebut menjadi utuh serta mudah untuk dipahami maksud kalimatnya.

Demikian tadi adalah beberapa fungsi dari kata konjungsi subordinatif yang banyak digunakan dalam kalimat. Bahkan penggunaan dari kalimat tersebut memag disesuaikan dengan konteks kalimat yang digunakan. Oleh sebab itu perlu untuk menggunakan kata konjungsi subordinatif yang dapat menghubungkan antar kalimat yang tidak setara dalam artian memiliki hubungan yang berbeda.

pxhere.com

Posisi Struktur Konjungsi Subordinatif

Ketika meggunakan kata konjungsi memang perlu menempatkan posisi yang pas agar lebih mudah untuk dipahami. Oleh karenanya  tidak heran jika banyak sekali yang memilih untuk menggunakan kalimat konjungsi tersebut menjadi kalimat yang utuh dalam satu kesatuan. Biasanya struktur kat konjungsi subordinatif ini memiliki posisi di tengah kalimat. Salah satu contoh yang bisa menggambarkanya adalah saya belajar dengan tekun agar masuk ke universitas favorit. Penggunaan kata hubung tersebut menjadi kata yang harus menyatukan agar pembaca mudah untuk memahaminya. Bahkan sekarang sudah banyak sekali yang memilih untuk menggunakan beragam konjungsi subordinatif untuk digunakan dan bisa dipahami melalui media online. Apalagi salah satu portal online telah menyediakan beragam  materi mengenai konjungsi subordinatif yaitu materibelajar. Portal tersebut memang memberikan banyak sekali materi yang terbaru untuk mudah dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.