Tue. Feb 18th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Ketahui Jenis Jamur putih atau white mold di Rumah

4 min read

pixabay.com

Jamur berwarna putih merupakan jamur yang paling umum di temukan, karena dengan munculnya warna putih pada permukaan dinding ataupun pada permukaan makanan maka akan dengan mudah terdeteksi jika dinding atau makanan tersebut memang sudah terindikasi jamuran.

Jika terjadi pada dinding, maka dinding tersebut perlu untuk di bersihkan dan jika terjadi pada makanan maka makanan tersebut harus di buang dan tidak layak lagi untuk di makan. Jamur berwarna putih juga sering dibandingkan dengan mildew namun mold vs mildew sejatinya merupakan jenis jamur yang berbeda meskipun memiliki kesamaan yakni merupakan jamur atau bakteri yang berkembang pada suatu permukaan.

Mengenal jamur putih atau white mold

Jamur putih atau white mold merupakan jamur type C yang mana merupakan jamur ringan, namun meskipun jamur ini masuk kategori jamur ringan akan tetapi tetap saja berbahaya bagi kesehatan manusia karena semua jenis jamur yang berbahaya (tidak termasuk jamur untuk konsumsi) tidak baik untuk kesehatan manusia.

Jamur putih biasanya dapat tumbuh di tembok dan makanan, jamur putih di tembok akan terlihat seperti bercak-bercak berwarna putih sedikit coklat atau kehitaman pada bagian batas-batasnya. Jika jamur ini tumbuh pada tembok berwarna putih maka hanya akan terlihat seperti tembok yang kotor atau cat putih yang terkelupas namun jika pada cat berwarna lain selain putih maka akan terlihat jelas.

pixabay.com

Jamur putih atau white mold pada tembok

Jamur putih pada tembok seringkali dapat terjadi jika tembok tersebut kotor, lembab, kurang sinar matahari dan terkena air terus menerus. Awalnya akan terlihat bintik-bintik putih sedikit namun kemudian semakin lama semakin menyebar jika sudah menyebar maka jamur putih ini harus segera di bersihkan sebelum semakin parah dan menyebabkan gangguan kesehatan pada penghuninya.

Untuk menmbersihkan jamur putih pada tembok anda dapat menggunakan larutan cuka, kaporit atau larutan pemutih yang telah di campurkan ke dalam air kemudian di semprotkan dan kemudian setelah di semprotkan maka kerik bagian dinding tembok tersebut hingga jamur benar-benar terangkat dan bersih sepenuhnya. Setelah itu, cat ulang dan jangan lupa untuk mengecat ulang dengan menggunakan cat anti bakteri dan cat anti air.

pixabay.com

Jamur putih atau white mold pada makanan

Selain pada permukaan dinding atau permukaan tembok, jamur putih atau white mold juga dapat tumbuh pada makanan. Biasanya makanan yang cepat terkena jamur adalah makanan yang tidak tahan lama dan tidak menggunakan bahan pengawet, misalnya roti.

Biasanya roti hanya dapat bertahan hingga 1 minggu saja, setelah satu minggu roti akan mengeluarkan bintik-bintik berwarna putih yang artinya roti tersebut sudah jamuran dan tidak layak untuk di makan karena sudah muncul white mold atau jamur putih.

Meskipun makanan ditempatkan pada tempat yang bersih dan tidak lembab, namun kandungan yang terdapat di dalam roti tersebut yang menyebabkan jamur dapat tumbuh dengan sendirinya. jadi timbulnya jamur pada makanan sering di karenakan oleh faktor internal atau faktor dari makanan itu sendiri.

Oleh karena itu, jangan menyimpan makanan terlalu lama apalagi jika makanan tersebut makanan basah atau makanan yang cepat jamuran, perhatikan jenis makanan terlebih dahulu jika anda akan menyimpannya apakah aman atau tidak, apakah tahan lama atu tidak, dan lainnya.

pixabay.com

Dampak jamur putih atau white mold bagi kesehatan

Jamur putih masuk ke dalam kategori jamur type C atau jamur ringan, namun meskipun masuk ke dalam kategori jamur ringan bukan berarti jamur ini tidak memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan jika kita menghirupnya atau jika masuk ke dalam tubuh kita karena jamur putih atau white mold ini dapat menyebabkan alergi pada manusia, selain itu juga dapat menyebabkan gangguan pernafasan seperti susah bernafas, paru-paru kotor, batuk dan sinusitis.

Adapun jika jamur putih atau white mold yang tumbuh pada makanan termakan oleh manusia maka kita bisa keracunan dengan gejala-gejala pusing, mual, muntah dan lemas. Jika keracunan maka segera bawa ke dokter untuk di tangani oleh paramedic yang kompeten agar mendapat penanganan yang maksimal dan sesuai dengan aturannya.

Karena jika keracunan jamur dan tidak tertangani dengan baik maka bisa berakibat fatal seperti menjadi terserang sakit yang parah hingga kemungkinan terburuknya adalah terjadi kematian. Karena begitu seriusnya dampak yang di timbulkan oleh jamur maka kita harus menjaga diri dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah dan memakan makanan yang sehat dan bersih sehingga jamur putih atau white mold tidak akan tumbuh pada makanan kita.

Demikianlah pembahasan tentang jamur putih atau white mold yang perlu anda ketahui, seperti pengertiannya, jenis white mold dan dampak dari white mold atau jamur putih bagi kesehatan kita. Menjaga kebersihan, mengatur saluran air dengan baik, memperbanyak ventilasi agar memperlancar sirkulasi udara pada ruangan di dalam rumah, menjaga pola makan sehat dengan tidak menyimpan makanan terlalu lama dan mengenali jenis makanan yang cepat jamuran dan tidak, itu adalah sebagian cara untuk menghindari jamur putih atau white mold agar tidak tumbuh di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.