Sat. Feb 22nd, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Jenis-Jenis Industri Kerajinan di Indonesia Beserta Contohnya

3 min read

pixabay.com

Dengan kekayaan alam yang melimpah sebagai bahan baku, industri kerajinan di Indonesia memiliki masa depan yang sangat baik. Daya saing industri kriya ini juga didukung oleh keragaman budaya dan keterampilan pengrajin yang mumpuni. Terbukti, hasil-hasil kerajinan Indonesia semakin banyak yang berhasil menembus pasar dunia.

Hal tersebut menunjukkan bahwa industri ini memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu sumber devisa negara sehingga perlu terus dikembangkan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang salah satu industri kreatif ini, berikut ulasan mengenai pengertian, jenis, dan contoh industri barang-barang kerajinan yang ada di Indonesia.

Pengertian Industri Kerajinan

pixabay.com

Secara sederhana, industri adalah usaha untuk mengolah bahan mentah hingga menjadi barang setengah jadi ataupun barang jadi. Sementara itu, kerajinan didefinisikan sebagai barang yang dibuat dengan menonjolkan fungsi untuk dipakai maupun sebagai unsur dekoratif yang memiliki nilai estetika.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa industri kerajinan adalah setiap usaha untuk mengubah bahan mentah atau bahan baku menjadi produk yang memiliki fungsi pakai dan fungsi hias.

Yang dimaksud fungsi pakai adalah manfaat yang didapatkan dari suatu barang kerajinan jika barang tersebut digunakan untuk membantu pekerjaan kita. Contohnya adalah peralatan rumah tangga, furnitur, dan lain-lain.

Adapun fungsi hias adalah manfaat barang kerajinan yang didapatkan dari sisi estetika dan keindahan yang dimiliki barang tersebut. Contohnya adalah ukiran, patung, hiasan dinding, dan sebagainya.

Diperlukan ketekunan, kegigihan, serta dedikasi yang tinggi untuk menghasilkan karya yang bernilai tinggi. Karena itu, harga sebuah produk kerajinan tidak hanya ditentukan oleh harga dan kualitas bahan bakunya, tetapi juga tingkat kerumitan dalam proses pembuatannya. Semakin rumit sebuah produk, semakin tinggi pula harganya.

Jenis-Jenis Industri Kerajinan dan Contohnya

pixabay.com

Saat datang ke sebuah pameran kerajinan, Anda pasti akan melihat berbagai jenis barang yang terbuat dari berbagai macam bahan. Berdasarkan bahan baku yang digunakan untuk membuat produknya, industri barang-barang kerajinan di Indonesia secara umum dapat dibedakan menjadi 6 jenis sebagai berikut.

Industri Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan dari tanah liat merupakan industri yang jumlah dan jenis produknya sangat banyak. Selain mudah didapat, tanah liat juga mudah dibentuk tanpa harus menggunakan mesin yang canggih. Contoh kerajinan tanah liat adalah gerabah dan keramik, seperti pot dan vas bunga, teko, aneka wadah, celengan, dan sebagainya.

Industri Kerajinan Kayu/Bambu

Kayu dan bambu adalah bahan alami yang sangat mudah ditemukan di Indonesia sehingga industri barang kerajinan dari kedua bahan ini juga maju pesat. Jenis kayu yang banyak digunakan adalah kayu jati, mahoni, pinus, dan lainnya. Contoh barang kerajinan kayu dan bambu adalah furnitur, ukiran, kap lampu, patung, dan lain-lain.

Industri Kerajinan Serat Alam

Melalui proses kreatif, serat alami yang didapat dari hewan maupun tumbuhan bisa diubah menjadi produk kerajinan. Contohnya adalah kepompong ulat sutra, kapuk, eceng gondok, pelepah pisang, nanas, pandan, rami, sabut kelapa, dan kulit jagung. Produk yang dihasilkan bisa berupa kain/pakaian, tas, dompet, taplak meja, bunga hias, boneka, bantal, dan masih banyak lagi.

Industri Kerajinan Logam

Bahan logam juga banyak dipilih untuk membuat barang-barang kerajinan karena memiliki kelebihan yaitu tahan lama dan tidak mudah lapuk, rusak, atau pecah seperti kayu, serat alam, maupun tanah liat. Tekstur logam yang kokoh, antikarat, dan mengilap membuat barang-barang kerajinan dari logam biasanya relatif mahal.

Contoh jenis industri ini adalah industri kerajinan tembaga kuningan, emas, perak, dan perunggu. Produk yang dibuat dari logam bisa berupa barang yang memiliki fungsi pakai, seperti peralatan makan, perabot dapur, dan perhiasan, maupun benda-benda dekoratif, misalnya pajangan, patung, kaligrafi, ukiran, dan hiasan dinding.

Industri Kerajinan Batu

Meskipun masih tergolong jarang, batu juga bisa digunakan untuk membuat barang kerajinan. Kebanyakan barang-barang kerajinan dari batu lebih bersifat dekoratif seperti hiasan di dalam atau luar ruangan, tetapi ada juga yang berupa barang yang dapat dipakai, misalnya pot bunga.

Industri Kerajinan Barang Bekas

Seiring dengan kepedulian terhadap lingkungan yang makin tinggi, pemanfaatan barang bekas untuk menghasilkan produk yang bernilai guna juga semakin banyak dilakukan. Contoh produknya adalah tas dari plastik kemasan, meja dan kursi dari botol plastik, vas bunga dari kaleng, tempat lilin dari botol kaca, dan sebagainya.

Saat ini, industri kerajinan menjadi salah satu industri kreatif yang makin berkembang di Indonesia. Melihat potensi yang ada, pemerintah pun terus memberikan dukungan dengan menyelenggarakan pameran di dalam dan luar negeri atau mengikutsertakan produk kerajinan Indonesia dalam ekshibisi di level internasional.

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.