Sat. Dec 7th, 2019

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Indahnya Air Terjun Sedudo Nganjuk

2 min read

pexels.com

Kota di Jawa Tmur ini memiliki satu tempat wisata alam yang sangat indah. Berada di ketinggian 1438 mdpl, air terjun Sedudo memiliki ketinggian mencapai 105 meter. Pemandangan khas perbukitan yang hijau dan asri bisa dinikmati sepanjang perjalanan menuju air terjun Sedudo. Air terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Letaknya sekitar 30 km dari ibu kota Kabupaten Nganjuk ke arah selatan. Air terjun Sedudo memiliki debit air yang deras dan tidak bergantung kepada musim.

Ketika sampai di pintu masuk tempat wisata, kita masih harus berjalan sejauh kurang lebih 1 km di tengah rimbunnya pepohonan hijau. Suara deras air sudah bisa terdengar dari kejauhan kala kita berjalan menuju tempat wisata alam di Jawa Timur ini. Tempat ini selalu ramai dengan pengunjung terutama saat musim liburan tiba. Tepat di depan air terjun Sedudo, terdapat tulisan Sedudo dengan font yang khas yang digunakan para wisatawan untuk berfoto.

Banyak Mitos yang Beredar Di Tengah Masyarakat

Di balik panorama yang indah, ternyata Air Terjun Sedudo ini menyimpan kisah mistis dan berbagai mitos yang beredar di masyarakat. Hingga saat ini masyarakat masih sangat mempercayai hal tersebut dan bahkan seringkali melakukan upacara atau ritual. Cerita mitos yang beredar berkaitan dengan kesucian air di air terjun Sedudo. Pada zaman dahulu, kesucian air di kawasan wisata ini digunakan untuk menyucikan arca dan keris. Kemudian air yang digunakan untuk mencuci tersebut dipercikkan kepada anggota keluarga agar mendapat keselamatan, keberkahan, dan menjadi awet muda.

Tempat ini juga dikenal sebagai tempat bertapa tokoh Islam yang terkenal di Nganjuk, yakni Ki Ageng Ngaliman. Sejak saat itu banyak orang yang bertapa untuk meminta rezeki. Ritual yang seringkali dilakukan adalah upacara mandi sedudo yang dilakukan setiap tanggal 1 Suro atau 1 Muharram. Selain itu, air terjun Sedudo juga dipercaya digunakan sebagai tempat mandi para dewa sehingga airnya tidak pernah kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.