Sun. Mar 29th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

5 Keunikan Ibu Kota Pontianak Yang Tidak Ada Duanya

4 min read

pickupimage.com

Indonesia memang memiliki banyak kota dengan keunikan yang beragam. Dari sabang hingga Merauke selalu menyajikan keindahan dan sisi unik yang berhasil menarik perhatian. Begitu juga dengan Kota Pontianak yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan ini. Memiliki bangunan ikonik seperti Tugu Khatulistiwa hingga asal usulnya yang tak kalah unik. Bagi ingin pergi ke Pontianak, yuk simak ulasan mengenai fakta unik Ibu Kota Pontianak berikut.

5 Keunikan Kota Pontianak Yang Harus Anda Tahu

  1. Memiliki Sungai Terpanjang Di Indonesia

Anda pernah mendengar sungai kapuas? Sungai satu ini merupakan sungai terpanjang di Indonesia dan mengaliri 5 kawasan salah satunya adalah Pontianak. Memiliki panjang hingga 1.143 Km membuat sungai satu ini menjadi salah satu keunikan Pontianak. Jika dilihat dari atas, bentuk Sungai ini seperti ular yang meliuk dan menjadi pemandangan yang indah. Apabila anda melihat permukaannya tampak tenang, namun sebenarnya sangat dalam.

Sungai satu ini menjadi salah satu pusat di kota Pontianak. Banyak masyarakat yang masih mengantungkan kehidupan sehari harinya pada sungai Kapuas. Selain itu juga menjadi sarana transportasi untuk pengiriman barang atau nelayan mencari ikan. Ketika anda mengunjungi Pontianak, banyak sekali tempat yang bisa untuk menikmati Sunga Kapuas. Pemandangan malam harinya sungguh mengagumkan dan akan membuat anda terkesan.

pickupimage.com
  1. Mengalami Kulminasi Matahari

Ibu Kota Pontianak, merupakan satu satunya kota yang berada tepat di titik khatulistiwa yang membelah bumi utara dan selatan. Meskipun di dunia ada 12 negara yang di lalui oleh garis Khatulistiwa, namun Pontianak sungguh istimewa. Alasan inilah yang membuat kota yang memiliki ikon Tugu Khatulistiwa ini mengalami kulminasi matahari. Kulminasi matahari adalah salah satu fenomena alam dimana semua benda tidak memiliki bayangan.

Kulminasi matahari terjadi saat Pontianak berada di not derajat dan matahari tepat berada di atas kepala kita. Anda bisa melihat kulminasi matahari ini pada saat bulan maret dan september. Biasanya terjadi pada tanggal 21 hingga tanggal 23. Pada saat itu udara akan cukup panas namun kesempatan langka bukan melihat keunikan kota di Kalimantan Barat ini. Bagaimana tertarik untuk melihat fenomena alam ini lebih dekat?

  1. Asal Usul Namanya Terdapat Enam Versi

Pada umumnya, suatu daerah memiliki satu sejarah akan asal usul namanya. Hal ini tidak berlaku untuk Ibu Kota Pontianak yang memiliki enam versi nama. Versi yang pertama berhubungan dengan nama hantu atau makhluk astral kuntilanak. Hal ini menjadi versi yang paling banyak diceritakan karena hingga kini masih ada tradisi meriam yang dulunya dipercaya untuk mengusir hantu wanita tersebut.

Versi selanjutnya berkaitan dengan ayunan anak yang berada di sekitar masjid jami’. Sementara versi ketiga merupakan pohon punti atau yang berarti pohon yang tinggi. Dimana jaman dulu di Kalimantan dikenal sebagai pula yang memiliki banyak pohon tinggi. Versi keempat menyebutkan tentang Pontian atau tempat singgah dan Kun Tian untuk versi yang kelima. Tak jauh berbeda versi kelima juga memiliki arti yang sama dengan keempat.

Hanya saja versi kelima diucapkan oleh orang Tianghoa. Logat mandarin nilah yang menyebutkan Kun Tian atau tempat pemberhentian. Untuk versi terakhir berarti Pintu Anak. Pintu anak dimaksukan untuk dua anak sungai yaitu Sungai Landak dan Sungai Kapuas. Pada kedua aliran sungai ini, pemukiman pertama berada. Sehingga tak heran jika disebut sebagai pintu anak.

pickupimage.com
  1. Penghasil Lidah Buaya Raksasa

Tanaman yang memiliki banyak khasiat ini merupakan komoditi yang banyak tumbuh di Ibu Kota Pontianak. Tidak hanya itu lidah buaya dengan ukuran raksasa juga dihasilkan di kota Khatulistiwa ini. Lidah buaya ini juga banyak diolah untuk menjadi makanan khas dari kota Pontianak. Olahan mulai dari jelly, coklat hingga keripik pun bisa ditemui dibeberapa gerai yang menjual oleh oleh.

Tidak hanya membudidayakan dan menjadi penghasil lidah buaya, olahan lidah buaya juga membuat harganya menjadi naik. Hal ini tentunya sangat baik untuk perekonomian di Pontianak. Bahkan beberapa diantaranya, sudah melakukan ekspor hingga luar pulau untuk lidah buayanya. Tak hanya memiliki rasa yang enak, lidah buaya juga memiliki manfaat bagi tubuh anda.

  1. Festival Meriam Karbit

Menyusul adanya banyak cerita yang menyebutkan kota Pontianak erat kaitannya dengan hantu wanita yang disebut Kuntilanak, dan bisa diusir dengan meriam membuat kota Pontianak memiliki even tahunan yaitu fertival meriam karbit. Biasanya festival ini diadakan saat memasuki bulan Ramadhan hingga hari Raya tiba. Penduduk akan membuat meriam raksasa yang bahkan setiap kampung memiliki desain dan warna yang  berbeda.

Kemudian meriam akan dijajar pada sepanjang tepian sungai Kapuas. Dan akan dinyalakan bergantian bahkan bersaut sautan. Meskipun berukuran besar, meriam ini sangat aman untuk digunakan. Festival ini juga membuat masyarakat berlomba untuk memberikan yang terbaik karena akan ada hadiah yang cukup besar. Tentu saja festival ini menjadi acara yang dinanti nantikan oleh semua lapisan masyarakat Ibu Kota Pontianak.

Keunikan yang dimiliki oleh Pontianak, membuat banyak orang yang datang atau bahkan menetap. Terbukti banyaknya penyedia jasa jual rumah pontianak, yang sangat membantu untuk anda yang ingin stay di Pontianak. Keunikan kota Pontianak juga dibarengi dengan fasilitasnya yang memadai. Tak heran jika banyak masyarakat pulau lain yang merantau ke kota di Kalimantan Barat satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.