Sun. Mar 29th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Review Game Cuphead: Visual Apik yang Memanjakan Mata

3 min read

Pixabay.com

Game Cuphead merupakan salah satu permainan tembak menembak yang dirilis pada 29 September 2017. Pengembang game ini yaitu studio MDHR dengan perancangnya Chad dan Jared Moldenhauer. Game unik yang memiliki visualisasi sekelas pixel ini mengangkat tema Disney di tahun 1930-an sehingga terkesan jadul. Berbeda dengan game terbaru yang menonjolkan visual yang dengan gaya yang mendekati realitas.

Untuk Anda gamer-gamer tua pasti tidak akan asing lagi dengan game Cuphead ini. Hal ini karena visual animasinya yang menyuguhkan nostalgia permainan lama. Untuk menjadi sebuah permainan yang memiliki banyak penggemar hingga saat ini, game ini dibuat selama 7 tahun karena rumitnya desain. Berikut review game Cuphead yang memiliki visual unik yang memanjakan mata.

Review Game Cuphead

Pixabay.com
  1. Visual yang Unik

Sebagai game keluaran baru dan modern, Cuphead memiliki keunikan tersendiri. Tidak seperti visual game yang banyak dikeluarkan saat ini yang selalu mendekati kenyataan, Cuphead justru membuat animasi yang jauh dari kesan nyata. Seperti namanya, karakter Cuphead memiliki kepala berbentuk cangkir. Karakter utama tidak hanya Cuphead namun juga Mugman yang memiliki penampakan yang hampir sama.

Mugman juga memiliki kepala berbentuk cangkir. Kedua karakter ini merupakan gambaran khas animasi lama Disney di tahun 1930-an yang masih mulai bangkit. Berkat keunikannya inilah game Cuphead banyak penggemarnya karena dianggap berbeda dengan kebanyakan game yang baru-baru dan modern. Selain karakternya yang unik, asesoris permainan di dalamnya juga didesain mengikuti zamannya.

  1. Digambar dengan Tangan

Semua karakter yang diciptakan pada game Cuphead ini digambar dengan tangan terlebih dahulu, begitupun dengan segala pelengkapnya. Pengerjaan ini dilakukan seperti pembuatan animasi tempo dulu yang digambar tangan terlebih dahulu. Setiap adegan digambar secara cermat dan teliti untuk memastikan tidak adanya lompatan frame sehingga terlihat berubah secara alami.

Proses pengerjaan yang masih manual inilah yang membuat game ini membutuhkan waktu lama untuk perilisannya. Selain itu, untuk dapat menyelesaikan satu sesi game membutuhkan lebih dari 100 perubahan gaya.

  1. Tingkat Kesulitan Tinggi

Meskipun memilki visual yang menggemaskan dan terkesan sederhana, namun Cuphead ini memiliki tingkat kesulitan yang terbilang tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya musuh dari setiap misi yang disajikan pada setiap permainannya. Game Cuphead merupakan permainan dimana karakter utamanya harus banyak melakukan aksi berlari karena ditembak oleh “bos”. Bos merupakan karakter musuh pada game ini.

Untuk dapat mengalahkan satu bos saja banyak sekali rintangan yang ada. Hal ini karena pada setiap track-nya terdapat halang rintang yang harus dihindari oleh Cuphead selain harus menghindari tembakan dan meriam dari bos. Oleh karena itu, pemain harus benar-benar dapat melakukan strategi yang tepat agar permainan tidak cepat berakhir.

  1. Bebas Memilih Lawan Bos

Memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, pemain dipersilakan untuk memilih bos yang dapat dikalahkan terlebih dahulu pada setiap dunia. Caranya yaitu dengan memilih melalui world map yang telah disediakan. Setelah memilih, Anda akan diantarkan pada bos yang Anda pilih dan harus dikalahkan. Setiap bos yang ada pada sesi permainan ini memiliki ciri khas sehingga cara membunuhnyapun juga berbeda.

Setiap pemain tewas saat melawan bos tersebut, pemain diperbolehkan melawannya kembali atau memilih yang lainnya. Bos yang paling mudah dikalahkan yaitu pada bos pertama karena juga bersifat tutorial, namun pada berikutnya akan terasa tingkat kesulitannya yang tinggi.

  1. Memiliki Tiga Pilihan Pemainan

Pixabay.com

Untuk mengantisipasi kebosanan para pemain, pihak pengembang memberikan pilihan permainan yang dapat dimainkan tanpa mempengaruhi permainan utamanya. Permainan utama Cuphead yaitu Boss Batle, dimana karakter melawan bos yang tidak mudah dikalahkan. Pilihan kedua yaitu run and gun yang pada akhir permainan melawan mini-boss. Namun pada stage kedua ini tidak sesulit permainan utama.

Pilihan kedua yaitu Parry. Permainan ini mengharuskan Cuphead untuk menghalau hantu yang akan mengambil harta. Stage kedua dan ketiga ini tujuannya yaitu untuk menambah uang yang dapat digunakan untuk membeli senjata atau kemampuan yang baru. Dimana keduanya memiliki fungsi untuk melawan bos sehingga memudahkan Anda bertarung dan memperpanjang nyawa.

Cuphead dapat dimainkan diberbagai platform, mulai dari Nintendo Switch, Xbox One, Windows hingga MacOS. Game Cuphead merupakan game PC yang dapat diperoleh dengan download game offline PC. Untuk Anda pecinta permainan dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan tidak mudah dengan permaianan run and gun, maka Cuphead ini perlu ditaklukkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.