Fri. Jul 3rd, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Belajar Mengkombinasikan Warna yang Tepat dalam Desain Poster

3 min read

pexels.com

Salah satu unsur paling penting pada saat desain poster adalah pemilihan warna. Meskipun tidak bisa dipungkiri juga bahwa banyak unsur lain yang harus diperhatikan secara lebih jika ingin membuat poster yang selain menarik perhatian, pesan yang ingin disampaikan bisa tercapai. Apalagi jika dilihat dari definisi poster itu sendiri.

Secara sederhana poster bisa dipahami sebagai suatu media publikasi yang di dalamnya ada beberapa unsur seperti teks, gambar, atau perpaduan antara keduanya, yang mana tujuannya adalah untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak.

Pada umumnya, informasi atau pesan yang ada di dalam poster bersifat persuasif atau mengajak orang lain. Itulah kenapa jika Anda perhatikan poster selalu dibuat semenarik mungkin supaya para pembacanya terpengaruh dan mengikuti pesan yang ada di dalam poster.

Dikarenakan poster harus dibuat semenarik mungkin, maka dalam segala hal harus dibuat secara istimewa. Itulah kenapa desain poster tidak bisa dibuat ala kadarnya. Misalnya saja terkait dengan pewarnaan poster.

Kemudian jika Anda perhatikan secara lebih detail lagi, dari segi kombinasi warna poster yang berkualitas secara desain selalu memiliki kombinasi warna yang sangat selaras. Namun masalahnya banyak yang cukup kesulitan untuk melakukan hal semacam ini.

Jika Anda merasa masih cukup kesulitan, maka tidak ada salahnya untuk mencari inspirasi pewarnaan poster yang mengusung tema blue aesthetic. Pasalnya poster dengan tema ini memang baru naik daun beberapa bulan belakangan ini.

pexels.com

Jenis-jenis Poster

Berbicara terkait dengan jenis-jenis poster, jenis poster bisa dibedakan berdasarkan isinya dan berdasarkan tujuannya. Berdasakan isinya, poster dibagi menjadi empat macam, yaitu poster niaga, poster kegiatan, poster pendidikan, poster layanan masyarakat, dan poster karya seni.

Kemudian jika dilihat berdasarkan tujuannya, tujuan poster dibagi lagi menjadi sepuluh macam, yaitu poster propaganda, poster kampanye, poster komersial, poster afirmasi, poster “Dicari”, poster film, poster komik, poster “Cheesecake”, poster riset, dan poster kelas.

Syarat-syarat Poster

Agar supaya tujuan pembuatan poster bisa tercapai, dalam desain sebuah poster harus memperhatikan semua unsur atau komponen yang ada di dalam poster. Dan poster yang baik paling tidak memiliki karakteristik seperti ini:

  1. Bahasa dan kalimat yang digunakan mudah dipahami banyak orang
  2. Kalimat pada poster harus singkat, padat, dan jelas.
  3. Mengkombinasikan antara tulisan dan gambar yang menarik.
  4. Dibuat semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian banyak orang.
  5. Ditempatkan ditempat yang ramai.
pexels.com

Tips Desain Poster

Membuat poster yang bagus dan menarik harus dimulai dari saat mendesainnya. Namun sayangnya banyak yang masih cukup lemah dalam hal kemampuan desain. Bagi Anda yang masih merasa kemampuan desainnya kurang, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu.

  1. Mudah Dibaca Dan Mudah Dimengerti

Tujuan dari poster adalah sebagai penyampai informasi atau untuk mengajak seseorang melakukan sesuatu. Dengan demikian tulisan pada poster haruslah yang mudah dibaca dan dipahami. Artinya tulisan tersebut harus jelas agar tidak terjadi miskomunikasi atau kesalahpahaman.

  1. Pemilihan Jenis Dan Ukuran Font

Saat mendesain sebuah poster, pertimbangkan jenis font yang digunakan. Apakah dengan font tersebut tulisan mudah dibaca ataukah tidak. Selain itu ukurannya juga harus diperhatikan. Apakah terlalu kecil atau justru kebesaran.

  1. Pemilihan Warna

Pemilihan warna saat mendesain poster seringnya berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas. Tujuannya agar target pembacanya menjadi familiar dan mudah membedakannya dengan yang lain.

Meskipun demikian tidak ada salahnya untuk memilih warna yang berbeda. Apalagi jika dengan memilih warna yang berbeda justru bisa membuat tampilan poster semakin eye catching.

  1. Desain Jangan Terlalu Ramai

Poster yang menarik perhatian atau eye catching tidak berarti harus warna-warni atau dipenuhi ornamen-ornamen, dan elemen. Pasalnya terkadang justru bisa membingungkan.

pexels.com
  1. Ukuran Poster

Pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang menjadi target pemasangan poster. Hal semacam ini juga harus menjadi perhatian utama pada saat mendesain sebuah poster.

  1. Target Audiens

Selalu pastikan desain poster yang dibuat disesuaikan dengan target audiens yang disasar, baik dari segi demografis hingga psikografis. Dengan demikian poster tersebut bisa lebih meningkatkan peluang ketertarikan pada audiens yang disasar.

Pada dasarnya mencari inspirasi desain untuk poster di era digital seperti sekarang ini sangat mudah dilakukan. Artinya Anda tinggal menyesuaikan desain poster sesuai dengan jenis poster yang ingin dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.