Tue. Apr 7th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Beberapa Kesalahan Dalam Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

3 min read

stocksnap.io

Semua tahu bahwa kesalahan saat melamar kerja tidak dapat di toleransi. Tentu saja akan membuat peluang pelamar diterima menjadi sangat kecil. Biasanya kebanyakan orang akan melakukan kesalahan pada saat menulis daftar riwayat hidup lamaran kerja.

Hal tersebut terjadi karena masih banyak orang yang menganggap remeh daftar riwayat hidup yang akan dilampirkan pada saat melamar kerja. Padahal kenyataannya lampiran berkas lamaran kerja semuanya penting.

Semua berkas tersebut tentunya merupakan modal utama anda untuk mempromosikan diri kepada perusahaan yang anda inginkan. Sehingga ada baiknya jangan sampai ada sedikitpun kesalahan di dalam berkas tersebut. Kalau perlu, manfaatkan format yang bisa ditiru dari contoh daftar riwayat hidup yang dengan mudah didapatkan di internet.

Mengenal Daftar Riwayat Hidup

Perlu diketahui daftar riwayat hidup merupakan gambaran mengenai diri. Pada lembar tersebut akan terlihat latar belakang dan segala macam pengalaman Anda. Sehingga tentu saja tidak dapat diremehkan karena sama saja dengan memperburuk citra diri Anda sendiri.

Bahkan saat ini ada beberapa pekerjaan yang tidak melakukan wawancara dan hanya melakukan seleksi berkas dan tes tertulis saja. Untuk itu kegagalan dalam membuat daftar riwayat hidup lamaran kerja jangan sampai terjadi. Namun tidak tahu kenapa masih banyak pelamar yang melakukan kesalahan.

stocksnap.io

Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Membuat Daftar Riwayat Hidup

Kesalahan dalam membuat daftar riwayat hidup cukuplah sering terjadi. Untuk itu ketahuilah beberapa kesalahan berikut ini agar terhindar darinya:

1.      Font Tidak Sesuai

Jenis font akan membuat pembaca merasa nyaman atau tidak tergantung pengaturan font. Untuk itu dalam membuat daftar riwayat hidup lamaran kerja, font yang dipilih haruslah sesuai. Sehingga pihak perusahaan akan merasa nyaman saat membaca lampiran berkas lamaran kerja anda.

Ukuran font yang paling umum dan akan memberikan kenyamanan pembaca adalah ukuran fitur title 12. Lalu untuk jenis font dapat menggunakan yang umum seperti Times New Roman, Arial atau Calibri. Perpaduan ukuran dan jenis font ini sudah yang paling nyaman untuk siapapun membacanya.

2.      Warna Mencolok

Saat ini memang tidak ada batasan dalam membuat sebuah daftar riwayat hidup yang akan dilampirkan saat melamar kerja. Namun tentu saja harus diketahui beberapa batasannya seperti tidak boleh pemilihan warna yang mencolok.

Pemilihan warna yang terlalu mencolok akan membuat pihak perusahaan merasa terganggu saat membacanya. Hal tersebut tentunya justru akan membuat daftar riwayat hidup anda tidak dibaca hingga selesai. Untuk itu pilih warna yang Soft saja sehingga akan memberikan kesan nyaman pembaca.

stocksnap.io

3.      Layout Terlalu Penuh

Kreatif boleh namun tentu saja tidak boleh menjadi berlebihan, termasuk saat membuat layout pada daftar riwayat hidup. Layout yang penuh akan membuat tulisan menjadi tidak mencolok, hal tersebut tentu saja akan membuat rugi anda sendiri.

Pihak perusahaan yang membaca daftar riwayat hidup anda akan pusing melihatnya dan justru melewatkan beberapa hal penting di dalamnya. Untuk itu pastikan kolaborasi yang tepat antara font, warna dan juga layout.

4.      Typo (Salah Ketik)

Saat menulis berbagai hal untuk lamaran kerja ada baiknya jangan terburu-buru karena hal tersebut akan membuat salah ketik. Salah ketik dalam sebuah berkas lamaran kerja baik itu surat lamaran atau daftar riwayat hidup dapat berakibat fatal.

Pihak perusahaan tentu saja hanya ingin menerima seorang karyawan yang teliti dan sangat minim melakukan kesalahan. Untuk itu ada baiknya membaca ulang berkali-kali setiap berkas yang akan dilampiran dalam melamar pekerjaan hingga benar-benar yakin telah baik.

stocksnap.io

5.      Pemilihan Kertas Yang Tidak Sesuai

Selain masalah salah ketik banyak pelamar juga yang belum paham mengenai pemilihan kertas untuk daftar riwayat hidup. Bahkan ada beberapa pelamar yang lebih memilih membeli daftar riwayat hidup yang telah jadi.

Padahal kenyataannya pemilihan kertas haruslah sesuai, dimana ukuran standar adalah A4 dan semua berkas harus memiliki kesesuaian yang sama. Pemilihan kertas yang tidak sesuai tentu akan membuat berkas anda terlihat tidak rapi. Hal tersebut hanya akan menjadi nilai negatif untuk anda di mata perusahaan.

Itulah kesalahan yang sering terjadi dalam daftar riwayat hidup lamaran kerja yang harus dihindari. Sehingga tentu saja akan membuat anda lebih berpeluang untuk diterima kerja, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.