Wed. May 27th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Cara Pasang Alaram Motor Injeksi

3 min read

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Pencurian motor kini marak terjadi di banyak kota-kota besar. Fakta tersebut sangat meresahkan mengingat kita tidak bisa mengandalkan polisi untuk mencari sepeda motor yang sudah dibawa kabur oleh pencuri. Berdasarkan pengalaman beberapa orang yang pernah kehilangan sepeda motornya karena dicuri, hampir sebagian besar dari mereka tidak bisa mendapatkan kembali motor kesayangannya. Kondisi ini sangat miris mengingat tugas polisi adalah mengusut tuntas kasus yang terjadi di masyarakat sekitar. Oleh karena itu, alih-alih mengandalkan penegak hukum yang kadang justru tidak bijak dalam menegakkan hukum, alangkah lebih baik kita melakukan tindakan pencegahan agar kasus pencurian sepeda motor tidak terjadi pada diri kita.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memastikan kendaraan kita tetap aman dimanapun kita berada. Mulai dari mengunci kendaraan secara ganda untuk memastikan keamanannya, menitipkan di tempat parkir terpercaya atau di tempat yang memiliki CCTV, hingga menggunakan alat-alat tertentu yang berguna untuk memantau kendaraan secara real-time. Salah satu alat khusus tersebut adalah tracker atau GPS yang bisa mendeteksi keberadaan sepeda motor kita. Dengan menggunakan tracker atau GPS maka jika terjadi pencurian kita bisa mengetahui lokasi sepeda motor kita. Cara lain adalah dengan menggunakan alarm sepeda motor yang akan langsung mengaktifkan sensor jika ada usaha tertentu untuk menyalakan kendaraan tidak sebagaimana mestinya.

Fungsi Alarm Sepeda Motor

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Alarm sepeda motor kini banyak dijual secara bebas dan bisa digunakan untuk berbagai merk sepeda motor. Bentuknya pun bervariasi seperti remot, saklar ataupun kombinasi kode yang harus diurutkan dengan sesuai. Jika sepeda motor menyala tidak sebagaimana mestinya, maka klakson akan berbunyi dan lampu motor akan berkedip sehingga menjadi daya tarik bagi orang di sekitarnya. Alhasil, pencuri yang ketahuan menyalakan motor pun akan panik dan bisa diringkus.

Cara kerja alarm sepeda motor pun mudah dipahami, yakni dengan membaca arus mengalir pada kabel stater. Alarm akan memutus dan menyambung aliran tersebut melalui sebuah sensor yang otomatis akan aktif saat sepeda motor nyala. Sensor kemudian akan mengaktifkan bunyi klakson dan saklar lampu agar berkedip. Jadi meski sepeda motor Anda sudah dilengkapi dengan kunci magnet yang menutup lubang kunci, kami sarankan untuk memasang alarm sepeda motor untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selama ini banyak orang mengira bahwa motor dengan kunci magnet tidak bisa dicuri karena tidak bisa dibobol dengan kunci T. Namun kenyataannya, pencurian terhadap sepeda motor masih rawan terjadi karena pencuri akan selalu menemukan banyak cara untuk memuluskan aksinya.

Cara Pasang Alarm Motor Injeksi

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Untuk cara pasang alarm motor injeksi sendiri biasanya disesuaikan dengan merk motor dan juga merk alarm. Setiap merk alarm sepeda motor juga biasanya memiliki manual petunjuk penggunaan yang akan membantu Anda dalam proses instalasi sehingga Anda hanya perlu mengikuti setiap langkah yang disarankan. Namun jika Anda tidak mengerti sama sekali tentang komponen sepeda motor, alangkah lebih baik jika Anda membawa sepeda motor ke bengkel atau mekanik yang memiliki kemampuan dalam memasang alarm tersebut.

Dalam prakteknya sendiri, cara pasang alarm motor injeksi harus dilakukan dengan tepat agar alarm bisa bekerja sebagaimana mestinya. Berdasarkan beberapa sumber, kabel yang paling aman untuk diputus adalah kabel masa, yakni kabel yang menuju ke ECM atau ECU. Pemutusan pada kabel masa diklaim sebagai cara yang aman karena tidak menyebabkan konslet saat kabel tersebut menyentuh body. Akan tetapi jika alarm yang digunakan membutuhkan energi listrik, maka Anda bisa melakukan by-pass dari kabel setrum sebelum ke kunci kontak sehingga meski terjadi konslet tidak akan menggangu komponen injeksi.

Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa proses pemasangan alarm sepeda motor tidak mengganggu sistem injeksi motor demi ketahanan dan keawetan motor. Apalagi motor injeksi membutuhkan perawatan khusus dari mereka yang paham komponen mesin ini. Jika Anda tertarik untuk memahami cara kerja mesin injeksi, disarankan untuk mengikuti kursus mekanik motor injeksi agar bisa mengetahui seluk beluk teknologi terbaru di mesin sepeda motor. Dalam kursus tersebut, mekanik akan dibekali dengan teori dasar tentang mesin injeksi dan bagaimana cara mengatasi permasalahan yang sering muncul atau berkaitan dengan sistem tersebut.

Selain itu, kursus mekanik motor injeksi juga akan membekali para pesertanya untuk memahami teknologi lain yang kerap menjadi pelengkap motor dengan teknologi terbaru. Dengan demikian Anda bisa belajar banyak hal tentang komponen, sistem, dan juga solusi untuk setiap masalah yang sering terjadi pada motor injeksi. Jika Anda berminat untuk mengikuti kursus tersebut, beberapa bengkel kenamaan kerap mengadakan kursus singkat dengan biaya yang cukup terjangkau oleh pecinta otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.