Sat. Jan 18th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Cara Mudah Mengendalikan Kutu Kebul Secara Efektif

1 min read

pexels.com

Kutu kebul dalam bahasa Latin disebut Bemiscia Tabaci. Ukurannya sangat kecil dan warnanya putih. Disebut sebagai ‘kebul’ karena bentuknya yang mirip kabut dan biasa hidup berkelompok. Sehingga menimbulkan kesan seperti kabut di daun. Ketika tanaman sudah terkena serangan kutu kebul, biasanya menjadi keriting, klorosis, belang, hingga menjadi kerdil.

3 Cara Menghilangkan Kutu Kebul Dengan Mudah

Berikut ini 3 cara mengatasi kutu kebul dengan mudah dan aman. Tentu saja tanpa insectisida.

  • Sprinkle Irrigation System (Sistem Air Curah)

Cara ini diterapkan dengan memancarkan air ke tanaman menggunakan pipa-pipa yang dilobangi. Selanjutnya air dialirkan dari penampungan yang memiliki tekanan tinggi. Semburan air dari selang atau pipa akan membuat kutu tercuci dan telurnya rusak.

  • Yellow Trap (Jebakan Kuning)

Siapkan saja papan yang sudah dicat warna kuning. Olesi dengan minyak atau oli. Pasang pada beberapa titik di area tanaman Anda. Jumlahnya menyesuaikan kebutuhan saja. serangga tersebut akan tertarik pada warna kuning dan terjebak dengan minyak yang melumurinya.

  • Barrier Plan System (Sistem Tanaman Penghalang)

Cara ini biasanya dilakukan dengan menanam jagung di antara bedengan tanaman utama. Fungsinya untuk mengalihkan hama agar tidak menyerang tanaman utama.

Cara di atas bisa Anda lakukan dengan mudah untuk berbagai tanaman. Selain biayanya lebih ringan, juga meminimalisir penggunaan bahan kimia dalam tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.