Wed. Jul 8th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Cara Budidaya Melon Madu di Lahan Sawah

2 min read

Pixabay.com

Sawah identik untuk menanam padi, tetapi selain untuk menanam padi sawah juga bisa digunakan untuk menanam melon madu. Melon ini merupakan jenis tanaman hortikultura yang istimewa, karena rasanya manis, menyegarkan, enak, dan baunya juga harum. Melon ini termasuk buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Dan untuk harga jual melon jenis ini pun termasuk tinggi.

Akhir-akhir ini, melon jenis ini banyak digemari oleh masyarakat karena dapat disimpan dalam waktu yang lama dan juga memiliki rasa yang manis bila dibandingkan dengan melon jenis lainnya. Selain itu, meskipun harganya termasuk dalam kategori tinggi tetapi tetap masih terjangkau oleh masyarakat. Budidaya melon jenis ini harus dilakukan di lahan khusus yang telah dilakukan perawatan secara intensif dan juga diberi mulsa plastik.

Inilah Cara Budidaya Melon Madu Yang Perlu Diperhatikan

Untuk mengetahui secara lebih rinci tentang cara budidaya melon jenis madu di lahan sawah, berikut ini diuraikan cara-caranya:

  1. Menyiapkan lahan

Lahan yang sudah tidak digunakan untuk menanam padi dibuat saluran-saluran air sedalam 30 cm. setelah  itu dibuat bedengan dengan panjang menyesuaikan kondisi lahan dan lebar 1 meter, lalu diberi jerami padi dan harus ditunggu beberapa waktu hingga siap tanam .

  1. Pembuatan bibit

Benih direndam dengan air yang diberi fungisida selama 2 jam, apabila media tanam adalah tanah maka harus ditaburi dengan debu dan diberi pelindung agar terhindar dari terik matahari. Agar kondisi media tanam tetap lembap maka harus dilakukan penyiraman setiap hari hingga siap tanam pada hari ke lima.

  1. Menanam bibit

Penanaman dilakukan pada tanah dengan kondisi lembap yang sudah diberi pengairan selam 5 jam melaui saluran air yang kemudian dibuang. Lalu bibit diambil dengan media pembibitannya dan dimasukkan ke dalam lubang tanag atau lahan. Tanaman harus disiram 2 kali satu minggu pagi dan sore dan saat kondisi kering.

  1. Pemberian pupuk

Pemberian pupuk dilakukan dengan cara menaburkan pupuk jenis NPK sebanyak 200 kg untuk lahan satu hektar sebanyak 4 kali yaitu pada umur 10 hari, 25 hari, pada saat berbunga dan berbuah.

  1. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan pada cabang lateral pangkal hingga lateral dan cukup disisakan satu buah yang terbesar dan sempurna. Selain dipangkas juga harus dibersihkan dari gulma dan rumput liar.

  1. Proses pemanenan

Panen dilakukan 60-75 hari setelah ditanam dengan ciri-ciri buah sudah berbau tajam, warna buah berubah, dan terdapat retak pada tangkai buah

Itulah beberapa cara budidaya melon madu di lahan sawah. Selamat mempraktekkannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.