Sun. Mar 29th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Baca Artikel Ini sebelum Membeli Buku Autobiografi

3 min read

Ada banyak buku autobiografi yang mudah ditemukan di toko konvensional maupun toko daring. Kebanyakan peminat baca buku sudah tidak asing lagi dengan autobiografi, termasuk biografi. Namun, apakah Anda tahu kalau autobiografi dan biografi berbeda? Biografi adalah cerita hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi cerita tentang diri sendiri yang ditulis sendiri.

Pada dasarnya, autobiografi merupakan sebuah tulisan/teks yang menggambarkan tentang kejadian atau peristiwa tertentu yang dialami oleh seseorang dalam hidupnya. Autobiografi bisa disebut sebagai penjelasan yang memengaruhi perkembangan dan pembentukan dirinya dan ditulis oleh diri sendiri. Kesimpulannya, teks autobiografi merupakan salah satu pengenalan diri yang ditulis diri sendiri.

Ciri Autobiografi

Ada beberapa ciri khas dari autobiografi yang patut Anda ketahui. Dengan membaca ciri ini, ketika Anda berkunjung ke toko buku tidak bingung membedakan mana autobiografi dengan biografi.

  • Autobiografi merupakan sebuah proses perjalanan atau riwayat hidup seseorang. Teknis penulisannya cukup mudah, yaitu ditulis oleh diri sendiri atau bisa dibantu/menyewa penulis lain yang berbentuk sesuai dengan pengalaman atau ingatan si tokoh.
  • Secara umum autobiografi berisikan informasi perihal perjalanan hidup seseorang mulai dari masa sulit, jatuh bangun, gagal, hingga sukses seperti sekarang ini.
  • Autobiografi kerap ditulis hanya menunjukkan sebuah informasi yang berisikan hal positif saja. Bahkan tidak jarang autobiografi ditulis untuk mengenalkan diri atau sebagai media pencitraan tokoh politik.
  • Autobiografi kerap ditulis dengan tujuan agar masyarakat bisa lebih mengenal dan mengetahui beberapa informasi tentang tokoh yang ditulis. Dari ini masyarakat akan mencoba mencari tahu tentang apa saja sudah dilalui selama hidupnya, bagaimana bisa mengatasi gejolak hidup hingga sukses. Melalui penjabaran kehidupan yang lengkap, para pembaca akan mengambil dampak positif atau hikmah dan menjadikannya pelajaran berharga untuk proses kehidupannya.

Jenis-Jenis Autobiografi

Berpindah ke jenis-jenis autobiografi. https://titikdua.net/ akan menjabarkan beberapa jenis autobiografi, di antaranya adalah:

  • Autobiografi sebagai kritik terhadap totalitarianisme. Autobiografi jenis ini adalah salah satu korban dan selaku pihak penentang rezin totaliter yang mempunyai kemampuan untuk menyampaikan kritik yang mencolok dari sebuah rezim. Jenis autobiografi ini bisa berbentuk tulisan dari sebuah penindasan.
  • Autobiografi dari seseorang yang tidak/kurang terkenal. Teks autobiografi jenis ini adalah salah satu jenis dari beberapa orang dengan klaim asli yang tidak terkenal dan mulai menulis autobiografi mereka sendiri. Kebanyakan tokoh-tokoh politik yang baru saja terjun akan menuliskan autobiografi sebagai media pencitraan.
  • Autobiografi fiksi merupakan autobiografi yang bermaksud untuk mendefinisikan sebuah novel yang berisikan tentang tokoh fiktif yang ditulis dan dibuat seakan-akan tokoh tersebut menulis biografi mereka sendiri.
  • Terakhir adalah autobiografi palsu yang berisikan penggambaran bahwa seseorang pengarang menganggap bahwa dirinya mempunyai kehidupan yang menderita dengan sebuah bentuk keluarga yang bermasalah, perceraian, dan lain sebagainya. Padahal, kehidupan nyatanya malah jauh dari apa¬† yang dia tuliskan di autobiografi.

Struktur Autobiografi

Pada autobiografi juga mengenal struktur. Berikut sudah kami sampaikan struktur dari autobiografi, di antaranya adalah:

  • Latar belakang keluarga atau orang terdekat. Struktur pertama ini berisikan tentang penjelasan yang meliputi bagian dari keluarga, mulai dari ayah, ibu, kakak, adik, tanggal lahir, dan tempat tinggal. Tidak lupa, struktur ini juga berisi tentang penjelasan jumlah keluarga atau saudara serta urutannya untuk menjelaskan riwayat keluarganya.
  • Latar belakang prestasi. Di dalam struktur kedua ini berisikan tentang semua prestasi yang sudah digapai dan sudah dilalui sejak masa kecil hingga sekarang. Anda juga bisa mencantumkan hobi atau kegemaran di luar kegiatan sehari-hari.
  • Latar belakang pendidikan cukup penting untuk dicantumkan. Struktur ini akan berisi kalau seseorang penulis sudah atau sedang menempuh pendidikan. Anda bisa mencantumkan masa sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA, S1 ditambah mencantumkan tahunnya.
  • Latar belakang pekerjaan berisikan seorang penulis masih atau sedang mencari pekerjaan lalu menuliskannya ke dalam autobiografi. Namun, kalau seorang penulis masih menjadi seorang pelajar maka struktur ini tidak perlu ditulis atau bisa Anda hapus.
  • Terakhir, latar belakang hasil karya yang pernah dibuat. Bentuk dari struktur ini adalah bagian utama bagi Anda yang sedang bekerja. Lain bagi Anda yang masih bersekolah atau pelajar, maka struktur ini tidak perlu ditulis.

Tujuan Autobiografi

Sudah selesai membahas struktur autobiografi, maka pembahasan terakhir adalah tujuan adanya teks autobiografi. Di bawah sudah kami tuliskan beberapa tujuannya.

  • Autobiografi mempunyai tujuan untuk mengenalkan diri sendiri menggunakan cara yang lebih detail kepada khalayak ramai.
  • Autobiografi ini bertujuan untuk memberikan sebuah gambaran terhadap perjalanan hidup, pelajaran, dan gejolak sebagai kisah inspiratif. Tujuannya, pembaca mampu mendapatkan dampak positif dari autobiografi yang Anda tulis. Dari sini para pembaca akan siap menghadapi karir, bisnis, atau bidang apapun agar lebih baik.
  • Autobiografi juga kental dengan aroma politik karena akan mengenalkan secara detail tokoh.

Itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa untuk terus membaca artikel yang kami sampaikan. Sekian dan selamat berburu buku autobiografi terbaru 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.