Sun. Mar 29th, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Belajar Sejarah Sambil Berwisata di Lapangan Merdeka Medan

1 min read

stocksnap.io

Lapangan Merdeka Medan adalah sebutan untuk alun-alun yang terletak di daerah Kesawan. Tempat ini dikenal sebagai objek wisata sejarah. Lapangan ini menjadi saksi beberapa peristiwa sejarah berikut ini.

  1. Perang Tamiang

Di lapangan ini, Pemerintah Belanda pernah membuat Monumen Tamiang untuk mengenang pasukannya yang tewas dalam Perang Tamiang (1874–1896). Monumen tersebut berdiri hingga tahun 1950.

  1. Pemindahan Kesultanan Deli

Lapangan Merdeka dibuat seiring terjadinya perpindahan pusat pemerintahan Kesultanan Deli dan pusat administrasi beberapa perusahaan perkebunan dari Labuhan Deli ke Medan.

  1. Masa Pemerintah Kolonial Belanda

Bangunan-bangunan tua di sekitar Lapangan Merdeka, seperti Gedung Balai Kota Lama, Gedung Bank Indonesia, Kantor Pos, dan Hotel De Boer, merupakan saksi bisu berbagai peristiwa sejarah pada masa penjajahan Belanda.

  1. Beralihnya Pendudukan dari Belanda ke Jepang

Lapangan Merdeka pernah berganti-ganti nama sesuai dengan pemerintahan masa itu. Belanda memberi nama Waterlooplein, sementara Jepang menyebutnya dengan Fuku Raido.

Selain dikenal sebagai objek wisata sejarah, Lapangan Merdeka Medan juga merupakan kawasan yang menjadi pusat kuliner dan wisata belanja, terutama di malam hari. dengan adanya Merdeka Walk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.