Sat. Dec 7th, 2019

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Apple Watch Vs Fitbit, Mana Yang Lebih Unggul Untuk Fitness?

3 min read

stocksnap.io

Jika Anda gemar berolahraga, khususnya fitness, kira-kira mana yang akan Anda pilih, Apple Watch atau Fitbit? Nah lewat artikel ini Anda akan mengetahui pilihan smartwatch yang paling tepat untuk fitness. Kami akan mengulas beberapa aspek dari keduanya seperti aplikasi, desain, fitness tracking, heart-rate monitoring, dan lainnya.

Perbandingan Apple Watch Vs Fitbit

Tak dapat dipungkiri bahwa Apple memang fokus pada pembuatan smartwatch, sedangkan Fitbit fokus pada pembuatan fitness tracker. Namun perbedaan tersebut sebenarnya agak tidak jelas, karena Fitbit sendiri menyediakan aplikasi-aplikasi khas smartwatch, dan Apple menyediakan banyak sekali fitur fitness. Dari segi desain, tentu Apple Watch mengungguli Fitbit, khususnya karena pengguna bisa memilih custom apple watch bands yang paling sesuai.

Baik itu Apple Watch maupun Fitbit, keduanya merupakan produk jam tangan digital yang sangat bagus, jadi keputusan ada di tangan Anda. Nah kali ini kami akan membandingkan Apple Watch dan Fitbit dari segi fitur fitness, kira-kira mana yang lebih unggul?

stocksnap.io
  • Monitor Detak Jantung

Salah satu fitur paling penting yang ada pada fitness tracker yaitu heart-rate monitor atau monitor detak jantung. Perlu Anda ketahui, baik itu Apple Watch maupun Fitbit menggunakan teknologi bernama photoplethysmography yang fungsinya yaitu mengukur dan memonitor detak jantung. Nah pengguna dapat melihat kadar detak jantung lewat lampu LED yang ada di bagian samping jam tangan.

Terdapat dua jenis warna cahaya yang memancar di lampu LED yaitu merah dan hijau. Jika sedang fitness, dimana detak jantung meningkat, maka cahaya warna merah akan mendominasi. Nah jam tangan Fitbit mampu memonitor detak jantung secara terus menerus, selama 24 jam 7 hari. Smartwatch satu ini dapat menyimpan data detak jantung pada saat fitness secara otomatis dengan interval waktu 1 detik saja selama berolahraga.

Di sisi lain, Apple Watch mampu memonitor detak jantung setiap 10 menit sekali selama sehari. Namun Apple Watch mampu menyimpan data detak jantung secara terus menerus selama aplikasi Workout masih berjalan, jadi Anda mesti bolak-balik cek aplikasi untuk mengecek kadar detak jantung. Apple Watch juga menggunakan watchOS 4 dan 5, dimana perangkat ini dapat menentukan kadar detak jantung pada saat beristirahat dan setelah setelahnya. Selain itu, Anda ‘pun dapat menemukan berbagai notifikasi, khususnya jika ada sesuatu yang ganjil terkait detak jantung Anda.

Dari segi heart-rate monitor, sepertinya Fitbit lebih unggul karena menawarkan heart-rate monitor secara terus menerus dan langsung tersimpan secara otomatis. Namun Apple Watch juga punya teknologi monitor detak jantung yang canggih, namun sepertinya tidak seefektif Fitbit.

stocksnap.io
  • Penentuan Sasaran

Dari segi penentuan sasaran, Apple Watch hanya menyediakan fungsi penentuan sasaran untuk pembakaran kalori saja. Jika fungsi pembakaran kalori tidak Anda perlukan, maka sepertinya Anda memang harus beralih ke Fitbit. Ya, Fitbit ini memungkinkan pengguna untuk menentukan berbagai sasaran seperti pembakaran kalori, jumlah langkah, jarak, waktu aktif, sasaran per jam, dan lainnya.

  • Memonitor Kelainan Detak Jantung

Fitur heart-rate monitor tak hanya berguna untuk mengukur detak jantung, namun juga berfungsi untuk menemukan adanya kelainan detak jantung. Kelainan detak jantung ini disebut juga dengan fibrilasi atrial yang merupakan penyebab utama terjadinya stroke. Apple Watch memperkenalkan aplikasi untuk memonitor kelainan detak jantung bernama ECG pada tahun ini. Pengguna hanya tinggal menempelkan ujung jari di tombol digital crown untuk menemukan apakah ada tidak kelainan jantung.

Namun Fitbit juga tak ingin kalah karena pada bulan September yang lalu, Fitbit sudah membenamkan aplikasi untuk memonitor kelainan detak jantung bernama FibriCheck. Dari segi pelacakan kelainan detak jantung, sepertinya antara Apple Watch dan Fitbit seimbang.

stocksnap.io

Kesimpulan Apple Watch Vs Fitbit

Apple Watch menyediakan aplikasi-aplikasi fitness yang terlihat sangat keren seperti Apple Workout dan Apple Activity. Namun Fitbit menyediakan aplikasi-aplikasi yang lebih fungsional untuk mereka yang gemar fitness. Ya, Fitbit menyediakan lebih banyak statistik dan data grafis dibanding Apple Watch. Fitbit menyediakan aplikasi bernama Fitbit Coach yang berisikan video dan audio yang dapat digunakan pengguna untuk meningkatkan ketahanan, kecepatan, dan kestabilan selama berolahraga. Jadi jika Anda rutin fitness, maka tak diragukan lagi bahwa Fitbit merupakan pilihan yang paling tepat. Namun Apple Watch juga menyediakan aplikasi-aplikasi fitness, jadi keputusan tetap ada di tangan Anda!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.