Sat. Feb 22nd, 2020

SON!

Belajar terus, pastikan selalu merasa haus

Yuk Ketahui Beragam Aktifitas Di Penang National Park

4 min read

Menjelang libur panjang, jalanan akan dipadati dengan kendaraan yang menuju tempat wisata impian. Dari banyaknya objek wisata yang tersedia, wisata alam selalu banyak diminati. Terlihat dari padatnya jalanan dari kota besar, menuju daerah pedesaan. Anda mencari tempat wisata alam berbeda, dengan aktifitas menantang di dalamnya ? Anda bisa mendatangi wisata Penang National Park di Malaysia. Apa saja aktifitas yang bisa dilakukan? Simak ulasan berikut.

Mengenal Lebih Jauh Wisata Alam di Penang

Objek wisata satu ini, menyajikan berbagai keindahan alam sekaligus kemegahan alam yang membentang. Tempat wisata satu ini, berbentuk taman di sebuah pulau  yang difasilitasi dengan berbagai kegiatan yang cukup menantang. Sebenarnya tempat wisata ini sudah dideklarasikan menajdi taman nasional Pinang sejak 10 April 2003. Lokasinya sendiri pun cukup mudah ditemukan, karena terletak di bagian utara Pulau Penang.

Berbagai Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Pada kondisi tertentu, pengunjung terkadang kebingungan ingin melakukan aktifitas apa selepas sampai di objek wisata. Tidak banyak pilihan yang bisa dipilih, sehingga pengunjung cenderunguntuk duduk manis sambil menikmati pemandangan sekitar. Kondisi ini tidak akan dirasakan oleh pengunjung yang datang ke tempat wisata satu ini. Sebab di Taman Negara di daerah Penang satu ini, pengunjung akan dihadapkan dengan berbagai kegiatan menarik yang bisa dicoba.

Berbagai hobi dapat disalurkan dengan baik, ketika berkunjung di Penang National Park. Mulai dari hobi menyelusuri jalan setapak hingga perjalanan hutan dengan trek menantang. Dikelilingi dengan hutan cukup lebat, pengunjung dapat menjelajahi hutan sekitar dengan terek terbaik. Sebagai pengunjung yang baik, diharapkan untuk tidak meninggalkan jejak apapun kecuali jejak kaki. Namun pengunjung diperbolehkan, untuk mengabadikan momen berlibur di kawasan tersebut.

Pengunjung juga mendapatkan informasi mengenai sejarah terbentuknya taman nasional, dengan tampilan menarik dan informatif. Pengemasan yang menarik, membuat pengunjung yang datang mendengarkan dengan seksama. Seperti halnya pepatah yang mengatakan bahwa sambil menyelam minum air. Pengunjung mendapatkan tambahan wawasan sambil berlibur menikmati fasilitas wisata yang ada.

Memiliki hobi berpetualang ke tempat baru dan bertemu satwa baru ? Taman  nasional satu ini sangat direkomendasikan. Sebab pengunjung  juga bisa menikmati wisata menuju pantai kura kura. Untuk bisa mencapai pantai tersebut, pengunjung diharuskan menaiki perahu dari pantai Keracut. Dari situlah perahu ini akan membawa pengunjungnya menuju pusat konservasi kura kura.

Pusat Konservasi Kura Kura

Memasuki kawasan pantai kura kura di Penang National Park, pengunjung sudah disambut dengan pasir berwarna putih yang indah. Sebagai pusat konservasi, pengunjung dapat melihat beberapa kura kuran yang sedang bertelur di daerah pantai tersebut. Pantai ini dianggap sebagai  tempat yang cocok sebagai kawasan konservasi kura kura, karena tekstur pasirnya yang berbeda. Jenis pasirnya tidak mudah menempel di tubuh kura kura, sehingga aman bagi hewan tersebut.

Selain teksturnya yang unik, pasir pantai ini juga memiliki berukuran lebih besar dari pasir kebanyakan.  Ketika berbaring di hamparan pasir pantai ini, tidak akan membuat pakaian anda menjadi kotor, karena pasir mudah terlepas dari tubuh. Di kawasan konservasi ini, terdapat 2 jenis penyu yang dibudidayakan. Demi kenyamanan satwanya, pihak taman nasional memiliki aturan yang cukup ketat.

Pengunjung tidak diperbolehkan mendekati daerah pantai ketika memasuki pukul 06.00 waktu setempat. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, karena pada jam tersebut dapat ditemukan beberapa penyu yang sedang bertelur. Jika ada pengunjung  yang  tidak mematuhi aturan, penyu yang sedang bertelur bisa saja menjadi stres dan ketakutan.

Satu hal unik lainnya bisa anda temukan di pantai yang ada di Penang National Park, yaitu pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Pada umumnya wisatawan yang pergi menuju pantai, bertujuan untuk merasakan nikmatnya berenang di lautnya. Namun peraturan tersebut dibuat, demi keselamatan pengunjung itu sendiri. Sebab pantai konverservasi ini banyak ditemukan ubur ubur, yang berbahaya bagi keselamatan.

Tidak hanya menyajikan wisata melihat penyu bertelur saja, karena pantai ini menyimpan berbagai spesies flora dan satwa liar. Menurut dari data yang didapatkan, tempat wisata ini memiliki setidaknya 1000 lebih spesies flora dengan jumlah 271 satwa liar. Pengunjung diperbolehkan untuk mengambil momen tersebut, menggunakan kamera yang dibawa.

Di kawasan ini pula pengunjung yang ingin menikmati pemandangan lebih lama, bisa berkemah di pantai Keruchut. Tidak hanya menyediakan satu tempat berkemah, namun terdapat beberapa tempat perkemahan yang bisa anda pilih. Bahkan perkemahan tersebut, telah dilengkapi dengan dapur untuk menikmati masakan favorit. Tidak memiliki anggota berlimpah, namun pengunjung masih bisa berkemah, dengan mendaftarkan pada petugas Taman Nasional Penang.

Nikmati Danau Meromictic

Ternyata spot wisata Penang National Park  belum usai dikulik seutuhnya, karena masih ada danau Meromictic yang menenangkan. Keunikan yang dimiliki oleh danau ini, terletak pada bentuknya yang berbeeda di setiap musim. Ditempat ini pula, pengunjung dapat bersembunyi  dari sinar matahari di rimbunnya pepohonan yang ada. Sambil berteduh di pinggiran danau, suasana menjadi romantis jika bersama dengan pasangan.

Transportasi Menuju Tempat Wisata

Ingin berkunjung ke tempat wisata ini ? Anda bisa menggunakan jasa cheap flight ticket malaysia. Anda bisa mencari stasiun terdekat, untuk menuju ke tempat wisata satu ini. Pengunjung bisa menggunakan transportasi umum seperti bis, untuk menjangkau lokasi wisata. Naiklah bis dengan kode 101 atau 105, karena bis ini memiliki rute pemberhentian terdekat dari lokasiwisata. Agar tidak tersesat di tengah perjalanan, anda bisa menanyakan kepada penduduk sekitar.

Lokasi tempat wisata

Sebelum melakukan kunjungan di Penang National Park, ada baiknya untuk mengetahu hal mendasar seperti jam buka hingga harga tiket yang ditawarkan. Dengan mengetahui informasi dasar tersebut, diharapkan pengunjung tidak akan tersesat, dan merasa kesusahan. Tempat wisata ini mulai dibuk amulai pukul 08.00 waktu setempat. Sedangkan pukul 18.00, tempat wisata sudah mulai ditutup.

Tidak ada salahnya menikmati liburan dengan cara yang anti mainstream. Misalnya saja dengan mendatangi tempat wisata alam, yang menawarkan berbagai aktifitas menarik dan baru untuk dicoba. Selain merelaksasi pikiran, anda juga bisa menambah wawasan sekaligus pengalaman. Taman nasional yang terletak di Penang ini, bisa menjadi alternatif terbaik. Silahkan kunjungi wisata ini yang berlokasi di jalan Hassan Abas, Teluk Bahang, 11050 Penang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.